Ragam Seputar Dunia Sepakbola yang Harus Kamu Ketahui

Sepakbola adalah olahraga yang paling populer di dunia. Sebagai olahraga yang memiliki penggemar terbanyak di dunia, tidak heran bila obrolan mengenai sepakbola sangat menarik untuk dibahas. Salah satunya adalah ragam hal yang menarik seputar dunia sepakbola yang belum banyak orang ketahui.

Sepakbola pertama dimainkan pada tanggal 19 Desember 1863, bertempat di Mortlake (London, Inggris).

Pertandingan sepakbola resmi pertama dimainkan oleh Barnes FC melawan tuan rumah Richmond FC di Limes Field, London (Inggris) menggunakan peraturan Sepakbola FA dengan hasil imbang tanpa gol (0-0).

Sebelumnya, pertandingan yang tidak resmi biasanya menggunakan aturan Cambridge dimana para pemain diperbolehkan untuk menggunakan tangan mereka untuk menghalangi berlari dengan bola dan aturan Sheffield yang memperbolehkan pemain menekan atau memukul bola dengan kedua tangan mereka asal tidak dibawa dengan tangan mereka dan masing-masing klub diberi kebebasan menerapkan aturan di klub mereka sendiri.

Faktanya Sepakbola pertama kali dimainkan di China pada 206 SM.

Meski begitu, FIFA sendiri mengakui bahwa permainan yang serupa dengan Sepakbola pertama kali dimainkan di China pada 206 SM. Menurut FIFA, permainan serupa telah dimainkan terlebih dahulu di China dengan istilah Cùjū (蹴鞠) yang memiliki arti, bola tendangan dengan peraturan serupa, dimana diperbolehkan menendang bola menggunakan bagian tubuh manapun kecuali tangan. Meski sangat mirip, namun Cùjū lebih sering disamakan dengan permainan rugby. Permainan Cùjū sendiri distandarisasi dan peraturannya ditetapkan selama dinasti Han (206 SM-220 SM).
Lebih tua dari Sepakbola yang di Inggris, nih guys.


Istilah football (sepakbola) digunakan di seluruh dunia, kecuali di Amerika Serikat dan Kanada.

Hal ini dikarenakan di Amerika Serikat dan Kanada, football berarti permainan bola tangan yang biasanya dimainkan oleh para pria yang bertubuh besar dan telah ditampilkan dalam beragam judul film Holywood, di antaranya "The Blind Side", "Invicible", dan "Concussion".


Kompetisi Sepakbola tertua di dunia adalah Piala FA.

Di tahun yang sama (30 November 1872), pertandingan sepakbola internasional pertama kali diadakan antara Skotlandia dan Inggris di Glasgow (Skotlandia) dengan hasil seri (0-0) dengan jumlah penonton 4.000 orang. Kompetisi Piala FA sendiri didirikan oleh C.W. Alcock.


Liga pertama kali didunia diselenggarakan di Inggris (English Football League).

Liga sepakbola ini sendiri didirikan oleh direktur Aston Villa (William McGregor) di Birmingham di tahun 1988, yang berisikan 12 klub yang berasal dari Midlands dan Northern England. Adapun dari tahun 1981-2016 nama liga ini mengikuti nama perusahaan yang menjadi sponsor utama liga. Kemudian pada periode 2016-2017 kembali pada nama semula liga ini (England Football Cup) karena tidak ada sponsor utama dalam periode ini dan untuk periode selanjutnya (2017 - seterusnya) menggunakan nama Carabao Cup atau Piala Liga Inggris.


Pertandingan Sepakbola wanita pertama dicatat oleh Asosiasi Sepakbola Skotlandia, pada tahun 1892 di Glasgow dan untuk di Inggris pada tahun 1895

Popularitas Sepakbola wanita mulai meningkat pesat pada saat Perang Dunia I dimana pekerjaan di industri begitu berat sehingga memicu pertumbuhan permainan. Tim Sepakbola wanita yang paling sukses di era tersebut adalah Kerr's Ladies of Preston, dari Inggris. Tim ini pertama kali bermain di pertandingan Sepakbola wanita internasional pertama di dunia pada tahun 1920 melawan tim Perancis dengan kemenangan telak, 22-0!


Dahulu bola yang digunakan terbuat dari kulit asli, sedangkan sekarang terbuat dari kulit sintetis.


Kartu kuning dan kartu merah pertama kali digunakan di Piala Dunia Sepakbola tahun 1970.


Piala Dunia Sepakbola wanita pertama kali diadakan pada tahun 1991 di China.

Kompetisi yang bernama FIFA Women's World Cup ini diadakan setiap 4 tahun sekali, mengikuti ketentuan piala dunia Sepakbola pria. China menjadi tuan rumah pertama kali diadakannya Piala Dunia sepakbola wanita 1991 yang diikuti oleh 12 negara dimana Amerika Serikat sebagai pemenang mengalahkan Norwegia dengan skor 2-0. Final pertandingan Piala Dunia Sepakbola wanita 1990 memecahkan rekor sebagai penonton terbanyak (90.185 orang) untuk kategori olahraga wanita.


Sepakbola pria kurang diminati di Amerika Serikat, justru berkebalikan dengan Sepakbola wanita yang diminati oleh kaum wanita di Amerika Serikat.

Hal ini terbukti dengan tim Sepakbola wanita Amerika Serikat yang selalu masuk dalam perempat final ke dalam kompetisi piala dunia sepakbola wanita. Tidak hanya itu, Amerika Serikat juga menjadi negara penerima piala dari Piala Dunia sepakbola wanita terbanyak.


Bukan FIFA yang mengatur seluruh peraturan mengenai sepakbola dunia.

Selain FIFA, ada International Football Association Board (IFAB) yang bertugas untuk mengatur Undang-Undang permainan Sepakbola dunia dimana Asosiasi Inggris memiliki 1 suara dan Asosiasi FIFA secara kolektif memiliki 4 suara. 
Adpun tugas utama FIFA adalah mengatur kompetisi dan sebagian peraturan yang berhubungan dengan kompetisi internasional dan juga mempublikasikan peraturan yang dibuat IFAB.


Demikianlah artikel Ragam Seputar Dunia Sepakbola yang Harus Kamu Ketahui.

Baca juga Fakta Mengejutkan Mengenai Lionel Messi


11 Responses to "Ragam Seputar Dunia Sepakbola yang Harus Kamu Ketahui"

  1. Mantap artikelnya Gan. Harus sering update Gan. Biar kita ada refensi lain tentang sepakbola. Makasih Gan

    POLITIK ADILUHUNG

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih kritik dan sarannya. Salam sukses selalu.

      Delete
  2. tambahin gan profil klub sepakbola, berita-berita pemain bola

    ReplyDelete
  3. Mantap informasinya tambah pengetahuan

    ReplyDelete
  4. Menarik sekali. Tambah lagi artikelnya, Gan.

    ReplyDelete
  5. Keren informasinya sangat membantu lanjut terus, dari bpkajitips.ga makasih

    ReplyDelete
  6. Daerah inggris eropa memang terkenal mendirikan olahraga terutama sepak bola.. Terima kasih info nya min menambah wawasan yang bermanfaat..

    ReplyDelete
  7. infonya ya gan ...

    Cek Berita Bola Transfer Pemain Terbaru di https://bolanewsports.com/category/transfer-pemain/

    Cara Termudah Untuk Ikut Nonton klik kata Sabung Ayam di Bawah ini !
    Sabung Ayam

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel