Puskas Award tahun 2009


Puskas Award merupakan penghargaan yang diberikan oleh FIFA yang diberikan kepada pemain sepakbola terhadap gol terbaik atau terindah yang diciptakan selama satu tahun. Penghargaan ini diberikan bersamaan dengan gelaran Ballon d`Or tiap tahunnya.

Pada tahun 2009 merupakan penghargaan Puskas Award yang diberikan pertama kali sebagai bentuk penghormatan kepada Ferenc Puskas, berikut ini adalah nominasinya.

Katlego Mphela

Yang pertama ada Katlego Mphela, pemain penyerang dari timnas Afrika Selatan. Mphela yang lahir pada tanggal 29 November 1984 ini masuk kedalam nominasi Puskas Award berkat golnya ke gawang Spanyol pada saat pertandingan Piala Konfederasi tahun 2009. Tendangann bebas yang dieksekusinya berhasil menggetarkan gawang kiper timnas Spanyol yang saat itu dijaga oleh Iker Casillas dari jarak 27,5 meter. 


Emmanuel Adebayor

Siapa sangka gol yang diciptakan oleh Adebayor kala memperkuat Arsenal pada tahun 2009 lalu masuk kedalam nominasi Puskas Award. Berawal dari umpan lambung dari Samir Nasri dan kemudian dikontrol dada oleh pemain berkwarganegaraan Togo tersebut dengan dadanya dan dilanjutkan dengan bicycle kick menggunakan kaki kanan mampu membuat kiper Villareal hanya bisa tertegun memandang jala gawangnya yang bergetar. 


Luis Ángel Landín

Liga MX Clausura 2009 adalah kasta kedua di Mexican Primera División musim 2008−2009. Siapa sangka Luis Ángel Landín yang pada saat itu memperkuat Cruz Azul dapat membuat gol yang mengantarkannya menjadi nominasi Puskas Award di tahun 2009.

Landin yang saat itu berumur berhasil membuat gol lewat tendangan kalajengking. Berawal dari crossing dari rekannya dari sisi kanan dan diselesaikan oleh Landin dengan sempurna dengan sebuah gol.


Michael Essien

Pemain berkewarganegaraan Ghana ini masuk nominasi Puskas Award tahun 2009 berkat golnya ke gawang Barcelona pada sebuah pertandingan di gelaran Liga Champions musim 2008-2009. Gol ke gawang yang dijaga Victor Valdes itu berawal dari tendangan Frank Lampard yang membentur tubuh pemain Barcelona diselesaikan oleh Michael Essien dengan sekali sentuhan dengan kaki kirinya.


Nilmar

Nilmar Honorato da Silva atau yang lebih dikenal dengan Nilmar adalah pemain dari Internacional. Nilmar masuk ke dalam nominasi Puskas Award tahun 2009 berkat gol yang diciptakannya ke gawang Corinthians pada gelaran Campeonato Brasileiro Série A. Penyerang andalan tim ini membuat gol dari aksi driblingnya dari sisi kanan yang masuk melewati 5 pemain Corinthians sekaligus dengan penyelesaian sebuah gol yang sangat membanggakan.


Fernando Torres

Tak banyak orang yang tahu kalau gol El Nino ke gawang Blackburn Rovers di Premier League musim 2008-2009 adalah salah satu gol terbaiknya. Sudah pasti gol dari mantan pemain timnas Spanyol itu masuk kedalam nominasi Puskas Award tahun 2009, karena keindahan gol yang diciptakan mampu membuat siapapun akan bertepuk tangan dibuatnya.


Eliran Atar

Di Israeli Premier League musim 2008-2009 merupakan waktu dimana Eliran Atar membuat gol indah yang mana masuk kedalam nominasi Puskas Award 2009. Gol yang tercipta dari umpan crossing rekannya dibuat secara sempurna dengan penyelesaian tendangan salto kaki kanannya sehingga masuk kedalam gawang kiper Maccabi Netanya.



Grafite

Gol yang dibuat Edinaldo Batista Libânio atau yang lebih dikenal dengan nama Grafite merupakan penutip ketika Bayern Munich dibantai oleh Wolfsburg di partai tandang Bundesliga musim 2008-2009. Bagaimana tidak, dengan membawa bola seorang diri dia melewati 3 orang pemain belakang serta seorang kiper dan ditutup dengan tendangan backheel yang sangat pelan sehingga membuat para pemain Munchen tertunduk merasa dipermalukan pada laga itu. 




Andrés Iniesta

Di laga yang sama ketika Michael Essien juga masuk kedalam nominasi Puskas Award 2009 gol Iniesta ini juga patut serta layak masuk nominasi juga. Bermain dengan tensi yang sangat tinggi serta sarat akan kontroversi pelanggaran saat itu. Gol yang diciptakan Iniesta berasal dari luar koak pinalti ke gawang Petr Čech adalah salah satu gol yang akan dikenang oleh pendukung Barcelona serta para pemain yang saat itu dalam laga penentuan masuk ke partai final Liga Champions musim 2008-2009.



Cristiano Ronaldo

Inilah sang pemenang Puskas Award untuk tahun 2009. Sang superstar Cristiano Ronaldo berhasil membuktikan bahwa dirinyalah yang berhak memenangi gol terindah di musim 2009. Tendangan jarak jauh ke gawang FC Porto di kompetisi Liga Champions dibuatnya ketika masih berseragam setan merah.




Baca juga : Fakta Mengenai Cristiano Ronaldo yang Jarang Orang Ketahui

8 Responses to "Puskas Award tahun 2009"

  1. Mantap artiklenya. Walapun tidak aktif mengikuti acara bola, setidaknya suka dengan aktor lapangannya.

    ReplyDelete
  2. bang ingin tanya, itu template ya di desain dari mana yah?

    ReplyDelete
  3. saya ingat sama fernando toress saat main Liga Primer Inggris Liverpool dan menjadi pemain Liverpool pertama yang berhasil mencetak lebih dari 20 gol liga hanya tau itu aja sih @juanda

    ReplyDelete
  4. Mantap sekali gan lumayan dapat informasi sepak bola

    ReplyDelete
  5. puskas Award ini masih diselenggarakan ga gan?

    ReplyDelete
  6. Izin promo ya min^^
    Upd4te 8ett1n9 menyediakan :
    [ Sb0b3t / L1v3 c4s1n0 / Ibcb3t / $4bun9 @yam / T093L / F1$hin9 W0rld / E-G4m3$ ]

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel