Serba-serbi Mengenai Puskas Award


Ferenc Puskas

Pesepakbola ini lahir pada tanggal 1 April 1927 di Ferenc Purczeld, Hongaria. Semasa hidupnya selain bermain untuk timnas Hongaria, dia juga bermain untuk klub Budapest Honvéd FC dan Real Madrid. Selain bermain untuk timnas Hongaria sendiri, Puskas juga sempat bermain untuk timnas Spanyol untuk beberapa saat.

Untuk timnas Hongaria dia telah melakukan sebanyak 85 pertandingan dengan torehan 84 gol. Angka yang sangat produktif apabila diperhatikan hampir mencetak rata-rata satu buah gol di tiap kali pertandingan. Prestasi yang sangat produktif apabila dilihat dari angkanya sehingga dikenal dengan sebutan "The Magical Magyars".

Di level klub hanya ada 2 buah klub yang pernah dibelanya semasa hidupnya yaitu Budapest Honvéd FC dengan catatan 341 pertandingan 352 gol dan di Real Madrid 180 pertandingan 156 gol.

Puncak Karier

Di pertengahan 1950-an terjadi revolusi Hungaria yeng mengakibatkan situasi di negara itu menjadi tidak kondusif, sehingga Puskás memilih untuk pindah ke kesebelasan di negeri lainnya. Sempat bermain di Espanyol dan kemudian menjadi incaran tim raksasa Italia, AC Milan serta Juventus. Tetapi akhirnya, Madrid menjadi pilihan untuk melanjutkan karier sepakbolanya.

Di Real Madrid, Puskás bergabung di usia yang sudah terbilang tidak muda lagi yaitu 31 tahun. Akan tetapi, hal tersebut tidak menghalanginya untuk tampil spektakuler kepada klub yang berkandang di Stadion Santiago Bernabeu itu. Bersama legenda Madrid yang lainnya, Alfredo Di Stefano, Puskás membentuk jajaran mengerikan di lini depan. Kemampuan mereka berdua tak hanya merekah dan kondang di liga domestik tapi juga di seantero Eropa.

Gelar top skor La Liga dia dapat sebanyak empat kali dan top skor Liga Champions (yang saat itu disebut Piala Champions) sebanyak dua kali.

Sejarah Puskas Award

Kemampuan Puskas dalam membuat gol didasari atas permainan skill individualnya. dengan dribel yang menakjubkan serta akurasi tembakan dengan kaki kiri telah didapatnya ketika masih muda. Kemampuannya dalam mengolah bola sebelum menjadi gol menurut beberapa orang didasari atas visi bermainnya diatas lapangan yang mempu memperkirakan tiga sampai empat gerakan lanjutan terbaik dalam menghindari tekanan lawan.

Atas dasar itulah sebagai benuk penghormatan dan mengenang jasa Puskás di kancah sepak bola, induk federasi sepak bola dunia (FIFA) menggunakan namanya sebagai anugerah (Puskás Award) untuk para pesepak bola, baik pria maupun wanita, yang sukses mencetak gol terbaik dan terindah di setiap tahunnya per 2009 silam.

Di-eranya dokumentasi mengenai gol yang mendasari penghargaan Puskás Award sangat minim, tak banyak orang yang tahu mengenai berapa banyak gol indah yang telah dibuat oleh Puskas. Setidaknya gambar dibawah keika Hongaria melawan Inggris di tahun 1953 dapat mempresentasikan bahwa Puskás memang pantas untuk diabadikan menjadi sebuah penghargaan.




4 Responses to "Serba-serbi Mengenai Puskas Award"

  1. wahh makasih gan infonya

    mampir juga ya di blog-asikhd.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. mantap gan
    jagan bosen" ya main ke blog saya
    https://seputar-seluler.blogspot.com/2018/10/mendownload-video-dari-youtube-agar-ada-di-memori.html#comment-form

    ReplyDelete
  3. Admin numpang promo ya ^^
    Yuk j01n sekar4n9 dan p4$ang jag04n mu h4nya di upd4te8ett1n9^^

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel